Memahami dan Menghadapi Stres

Stres sering didefinisikan sebagai respon fisik yang normal terhadap peristiwa yang membuat seseorang merasa terancam atau marah agar tetap keseimbangan ldengan beberapa cara. Tubuh memiliki cara untuk melindungi Anda saat ini; ini dikenal sebagai fight or flight. Stres ini tidak selalu berbahaya. Stres yang baik memungkinkan Anda untuk tetap waspada dan terfokus. Sebagai contoh, dalam situasi yang mengancam hidup, respons stres pada akhirnya dapat memiliki hasil menyelamatkan nyawa. Ini juga dapat membantu Anda dalam situasi yang menantang, seperti menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan. 
Namun, ada juga  stres yang buruk. Stres yang buruk dapat menyebabkan gangguan pada kebahagiaan Anda secara keseluruhan. 
Banyak orang sering tidak menyadari mereka berada dalam keadaan stres, padahal sangat penting untuk mengenali stres sebelum semuanya out of control. Stres negatif dapat mempengaruhi kesehatan mental dan emosional Anda dan membuat masalah dalam hubungan interpersonal. Juga dapat menyebabkan dan memperburuk masalah kesehatan seperti: rasa sakit fisik, ruam kulit, masalah pencernaan, masalah tidur, depresi, kecemasan, masalah jantung, obesitas, dan gangguan autoimun.  
Beberapa orang memiliki toleransi sangat tinggi stres dan bahkan mungkin menikmati stres sampai batas tertentu; orang lain mungkin memiliki toleransi sangat rendah. 
Penting untuk dapat mengenali penyebab stres. Jika Anda mampu mengidentifikasi penyebab, Anda dapat mulai mencari cara untuk sukses mengelola stres Anda. Penyebab stres dapat dipecah menjadi empat kategori utama: umum, hidup, pekerjaan dan internal.

Stres Umum
 Stres umum termasuk ketakutan dan ketidakpastian. Ketakutan, apakah nyata atau hanya dirasakan, mengakibatkan stres. Ketidakpastian juga memproduksi stres. Ketika kita tidak dapat memprediksi hasil yang kita dapat merasakan kurangnya kontrol, yang dapat menghasilkan stres.

 Stres Kehidupan
Stres kehidupan  dapat mencakup kematian seorang anggota keluarga atau teman, cedera, penyakit, tambahan baru untuk keluarga, kejahatan, penyalahgunaan, perubahan keluarga seperti perkawinan atau perceraian, seksual masalah, masalah interpersonal, perubahan fisik, relokasi, masalah keuangan, perubahan lingkungan, atau perubahan dalam tanggung jawab.

Stres Pekerjaan
Stres kerja termasuk tuntutan pekerjaan, kurangnya dukungan, hubungan dengan rekan kerja dan supervisor, komunikasi yang buruk, kurangnya, umpan balik, kritik, kurangnya kejelasan, perubahan dalam struktur organisasi, promosi/penurunan pangkat, berjam-jam, atau keseluruhan pekerjaan ketidakpuasan.

Stres internal
 Cara kita melihat dan melihat situasi sering dapat menjadi penyebab stres . Beberapa contoh termasuk self talk negatif , harapan yang tidak realistis , ingin selalu untuk mengendalikan , dan mencari kesempurnaan/perfeksionis .

 Cara Menghadapi Stres
 Identifikasi sumber stres sehingga anda bisa memulai untuk mengelola stres anda secara efektif . Penyebab stres bervariasi setiap individu, maka cara efektif untuk mengurangi  juga bermacam cara sesuai pilihan Anda . Ada berbagai cara yang sehat untuk menghadapi stres. Anda bisa memilih alternatif seperti olahraga , ritual ibadah seperti zikir, meditasi , teknik pernapasan , atau memilih keseluruhan gaya hidup yang lebih sehat   lagi. Temukan apa yang cuuuucok... untuk Anda .
Jika Anda telah mencoba untuk mengatasi stres namun hasilnya kurang memuaskan, Anda mungkin akan lebih baik ngobrolin masalah itu dengan seorang teman dekat atau anggota keluarga. Jika diperlukan  Anda mungkin ingin mencari seorang terapis untuk membimbing Anda . Dengan mengidentifikasi sumber stres dalam hidup Anda dan mengidentifikasi cara sehat untuk menghadapinya, Anda dapat mengontrol stres Anda. Hooookeh?

1 komentar:

  1. Fakultas sains dan teknologi (FST) satu satunya cuma ya ada di Universitas Medan Area. FST juga memiliki dua prodi,yaitu sistem informasi dan biologi. Prodi biologi merupakan salah satu prodi yang sering memenangkan lomba di Universitas Medan Area. Ayo segera daftakan dirimu ke Universitas Medan Area TA 2020/2021. Ayo kunjungi http://fst.uma.ac.id/

    BalasHapus